Berkenalan dengan Tipe Pembeli yang Bisa Bikin Warung Makin Untung 

21.11.19 09:05 AM Comment(s) By nathania

Saat akan membuka usaha warung sembako, seorang penjual tentunya harus paham mengenai situasi yang akan dihadapi kelak. Salah satunya kemungkinan untuk berhadapan dengan tipe pembeli yang berbeda-beda.

 

Hal ini dapat terjadi karena setiap orang memiliki kebiasaan dan sifat yang berbeda, dan tentunya akan memengaruhi sikap mereka saat membeli sebuah produk. Oleh karena itu, yuk kenali tipe-tipe pembeli berikut ini!

 

1. Pembeli Baru

Pembeli baru adalah orang yang baru pertama kali berkunjung dan membeli produk di warung kamu. Tipe pembeli seperti ini datang tanpa perencanaan atau secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat meninggalkan kesan yang bagus di pertemuan pertama. Selain itu, kamu juga bisa memberikan voucher kecil-kecilan untuk mendorong mereka berbelanja kembali di warung. 

 

2. Pembeli Setia

Pembeli setia adalah tipe pembeli yang harus selalu kamu jaga dan pertahankan. Biasanya pembeli setia telah menjadikan warung kamu sebagai pilihan utama untuk berbelanja. Mereka cenderung sudah tidak melirik ke warung lainnya karena telah memiliki kepercayaan terhadap warungmu. 

 

Salah satu cara untuk dapat terus mempertahankan tipe pembeli setia adalah dengan rutin memberikan diskon untuk menyenangkan hati mereka. Selain itu, juga bisa dengan mengadakan undian berhadiah.

 

3. Pembeli Hemat

Sudah tau dong sifat dari pembeli hemat seperti apa? Yap! Mereka adalah tipe pembeli yang akan mengeluarkan uang seminim mungkin dalam membeli suatu produk. Biasanya pembeli hemat tidak lagi peduli terhadap brand tetapi berfokus pada produk dengan harga yang paling murah. 

 

Selain itu, pembeli hemat juga memiliki kebiasan untuk berbelanja banyak saat sedang ada diskon di warung loh. Jadi, pastikan kamu mengadakan promo menarik ya agar warung kamu bisa semakin untung.

 

4. Pembeli Impulsif

Nah, tipe pembeli yang terakhir ini dapat dikatakan sebagai pembeli yang gampang tergoda jika kamu menawarkan berbagai jenis produk kepadanya. Tipe pembeli ini akan secara spontan membeli produk-produk yang sejatinya bukan menjadi produk utama yang mereka cari di warung. Sebagai penjual, kamu harus pintar dalam mempersuasi pembeli impulsif agar mereka menjadi tertarik dan pada akhirnya membeli banyak produk di warungmu.

 

Itulah beberapa tipe pembeli yang bisa kamu temukan saat membuka usaha warung sembako. Setiap pembeli tentunya tetap akan memberikan keuntungan bagi warungmu. Oleh karena itu, kamu harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua pengunjung ya!

Share -