Hindari Lakukan 4 Hal ini di Warung Kelontong Anda!

12.11.19 08:47 AM Comment(s) By nathania

Jika Anda membuka usaha warung kelotong, kira-kira apa yang menjadi tujuan utama Anda? Tentunya mencari pelanggan untuk membeli produk di warung Anda bukan? Namun, faktanya mencari pelanggan yang setia bukanlah pekerjaan yang mudah loh. 

 

Terdapat beberapa alasan yang membuat pelanggan terkadang tidak jadi berbelanja bahkan enggan untuk sekadar datang ke warung kita. Mulai dari harga produk yang tidak sesuai dengan harapan pelanggan, kualitas dan kelengkapan produk, hingga pelayanan yang Anda berikan.

 

Oleh karena itu, agar pelanggan dapat datang dan berbelanja di warung Anda, hindari melakukan 4 hal berikut ini.

 

1. Menjual Produk Kadaluarsa

Tugas rutin yang harus dilakukan oleh para pemilik warung adalah mengecek masa berlaku atau kadaluarsa dari sebuah produk khususnya produk makanan dan minuman. Jangan sampai Anda menjual produk yang telah kadaluarsa di warung karena akan berdampak pada hilangnya kepercayaan pelanggan.

 

2. Jam Buka Tutup Warung

Pastikan untuk memiliki jam buka tutup warung yang sama setiap harinya. Bisa Anda bayangkan jika pas pelanggan ingin berbelanja tetapi ternyata warung Anda masih tutup? Pasti pelanggan menjadi kecewa dan akan pergi ke warung lainnya. Jika Anda terpaksa menutup toko, usahakan untuk membuat pengumuman di depan warung mengenai info kapan Anda akan membuka warung kembali. 

 

3. Berbuat Curang

Jangan melalukan tindakan curang baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Misalnya Anda menjual gula secara kiloan, jangan sampai Anda salah menimbang. Padahal sebenarnya Anda tidak berniat untuk melakukannya tetapi karena kurang teliti, Anda dapat kehilangan kepercayaan pelanggan loh. 

 

4. Bersikap Tidak Ramah

Selalu ingat bahwa pelanggan adalah raja yang harus kita hormati dan layani. Biasakan untuk mengucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan yang datang ke warung meskipun mereka hanya sekadar membeli sebungkus roti. Dengan menunjukkan sikap ramah kepada pelanggan, mereka akan merasa nyaman dan memungkinan untuk kembali berbelanja di warung Anda. 

Share -