Nostalgia Jajanan Jaman Old, Mana yang Menjadi Favorit Kamu?

12.11.19 04:25 PM Comment(s) By nathania

Bagi kamu yang lahir di era 80-90an, beruntunglah kamu karena pernah mencicipi berbagai jajanan yang enak dan murah meriah. Bagaimana tidak? Jika dulu kamu hanya perlu merongoh kocek Rp 500 untuk dapat membeli berbagai jajanan menarik, sekarang untuk jajan saja setidaknya kamu harus memiliki uang saku sebesar Rp5.000. 

 

Ngomong-ngomong tentang jajanan jaman dulu, kira-kira mana yang menjadi favorit kamu? Yuk, kita bernostalgia!

1. Permen Karet Yosan

Permen karet yang satu ini merupakan salah satu jajanan lengendaris yang banyak dijual di berbagai warung dekat rumah hingga kantin sekolah loh! Selain karena harganya yang murah, permen karet ini juga menghadirkan undian berhadiah di balik bungkusnya jika kamu berhasil mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N. Gak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membeli jajanan ini.

Sumber: Solopos.com

2. Coklat Payung

Jangan ngaku kamu anak 80 atau 90an kalau belum pernah makan coklat payung ini. Bentuknya yang unik dan warna-warni bikin jajanan ini jadi tambah lucu dan banyak digemari. Tidak heran jika biasanya coklat ini akan disimpan di dalam toples plastik depan warung dan menjadi rebutan banyak anak-anak pada jaman dulu.

Sumber: Beuatynesia.com

3. Coklat Kacamata

Masih seputar coklat, jajanan ini dapat dikatakan masih laris hingga saat ini loh karena masih lumayan sering ditemukan di warung-warung kecil dekat rumah warga. Bentuk kemasannya yang seperti kacamata membuat coklat ini menjadi salah satu jajanan favorit anak-anak karena dapat digunakan sebagai kacamata ala-ala dengan mengaitkan karet di lubang samping coklat tersebut. 

Sumber: Utakatikotak.com

4. Choki-Choki

‘Choki-chocki coklat asli dicampur mede gurih, chocki-chocki bikin happy’. Hayo, siapa yang baca kalimat barusan sambil bernyanyi? Rasa kangen kamu dengan coklat satu ini masih dapat terobati karena sampai sekarang choki-choki masing sering dijual di warung bahkan minimarket. Coklat yang satu ini emang dijamin bikin ketagihan deh, apalagi jika makannya sambil menonton acara tv favorit kamu atau sambil ngerjain tugas. 

Sumber: Romapakpahan.com

5. Harum Manis

Karena bentuknya yang mirip dengan helaian rambut dan berwarna putih, jajanan ini sering juga disebut dengan “rambut nenek”. Harum manis biasanya dijual oleh mas-mas di depan sekolah dan akan menjadi rebutan anak-anak pada waktu jam pulang sekolah. Meskipun masih eksis hingga sekarang, tapi sayangnya harga jajanan ini berbeda jauh alias lebih mahal dibanding dulu.  

Sumber: Qupas.id

6. Gulali

Siapa yang masih ingat dengan permen satu ini? Permen yang terbuat dari campuran gula yang telah dipanaskan terlebih dahulu dan kemudian dapat dibentuk sesuai keinginan kita mulai dari bentuk kupu-kupu, terompet, burung, dan lain-lain. Tidak heran kalau permen gulali ini menjadi favorit banyak anak-anak khususnya anak-anak perempuan. 

Permen gulali masih dapat kamu temukan di tempat-tempat wisata atau festival makanan yang biasanya diadakan di mall. Tapi jangan terkejut dengan harganya yang lumayan mahal ya!

Sumber: Ramesia.com

7. Es Serut Cetak

Sesuai dengan namanya, es ini dibuat dengan cara diserut terlebih dahulu disebuah papan yang memiliki pisau tipis kemudian akan dicetak bulat. Selanjutnya, es serut akan diberikan pegangan seperti es krim jaman sekarang dan dilumuri oleh sirup warna-warni. Kecantikan dan kesegarannya membuat es serut cetak menjadi salah satu jajanan favorit anak-anak saat pulang sekolah. 

Sumber: Food.detik.com

Meskipun jaman telah berganti dan banyak jajanan baru, tetapi yang namanya jajanan jaman dulu yang notabene enak dan murah meriah emang gak ada yang bisa menandingi ya! 

 

Nah, bagi kamu yang membuka usaha warung kelotong dan ingin membeli stok jajanan atau makanan ringan bisa melalui Klikdaily. Selain itu, kamu juga bisa bergabung menjadi Mitra Klikdaily dengan menghubungi +628 22 800 700 43.  

Share -